9 Tips Memperbaiki Skor TOEFL dan IELTS

Goofn.com – Mendapatkan beasiswa menjadi salah satu impian banyak pelajar Indonesia. Namun, untuk bisa mendapatkan beasiswa, kita harus melewati beberapa tahapan seleksi yang cukup ketat, salah satunya adalah tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS.

Memperbaiki skor TOEFL dan IELTS menjadi faktor penting dalam seleksi beasiswa, karena program ini memprioritaskan pelajar yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Oleh karena itu, memerlukan usaha dan strategi yang tepat agar skor TOEFL dan IELTS bisa meningkat.

Cara Meningkatkan Skor TOEFL dan IELTS

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu praktika untuk memperbaiki skor TOEFL dan IELTS.

1. Mengetahui Format Tes

Sebelum memulai persiapan, penting untuk mengetahui format tes TOEFL dan IELTS terlebih dahulu. Dalam tes TOEFL, terdapat empat bagian tes yang harus kamu ikuti yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing.

Sedangkan pada tes IELTS terdapat dua versi yaitu Academic dan General Training. Kedua versi tersebut terdiri dari empat bagian tes yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Dengan mengetahui format tes, kita bisa lebih fokus dalam persiapan dan mengidentifikasi kelemahan pada tiap bagian tes.

2. Menyiapkan Materi

Setelah mengetahui format tes, langkah selanjutnya adalah menyiapkan materi. Ada banyak sumber belajar yang bisa digunakan seperti buku, kursus online, atau aplikasi belajar bahasa Inggris. Pilihlah materi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita. Selain itu, lakukanlah latihan soal secara rutin untuk membiasakan diri dengan tipe soal dan meningkatkan kemampuan dalam menjawab soal.

3. Berlatih Listening

Bagian Listening pada tes TOEFL dan IELTS membutuhkan kemampuan mendengarkan dan memahami bahasa Inggris dengan baik. Oleh karena itu, berlatih listening secara intensif sangat diperlukan. Tontonlah film atau acara TV dalam bahasa Inggris, dengarkanlah podcast atau lagu dalam bahasa Inggris, dan latihlah diri dengan soal-soal listening.

4. Meningkatkan Reading Skill

Bagian Reading pada tes TOEFL dan IELTS membutuhkan kemampuan membaca dan memahami teks dalam bahasa Inggris dengan baik. Untuk meningkatkan kemampuan membaca, lakukanlah kegiatan membaca secara rutin seperti membaca berita, artikel, atau buku dalam bahasa Inggris. Selain itu, perlu juga dilakukan latihan soal reading untuk membiasakan diri dengan tipe soal dan meningkatkan kecepatan membaca.

5. Meningkatkan Writing Skill

Bagian Writing pada tes TOEFL dan IELTS membutuhkan kemampuan menulis esai dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, lakukanlah latihan menulis secara rutin. Baca contoh esai dalam bahasa Inggris untuk melihat struktur dan gaya penulisan yang tepat, serta lakukanlah revisi pada tulisan kita sendiri. Selain itu, kita juga perlu mempelajari beberapa teknik penulisan esai seperti penggunaan kalimat kompleks, penggunaan sinonim, dan pengembangan ide.

6. Meningkatkan Speaking Skill

Bagian Speaking pada tes TOEFL dan IELTS membutuhkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara, lakukanlah latihan berbicara secara rutin. Berbicaralah dengan orang yang mahir berbahasa Inggris atau teman sekelas yang sedang mempersiapkan tes yang sama.

Selain itu, kita juga perlu mempelajari beberapa teknik berbicara seperti penggunaan intonasi yang tepat, penggunaan kosakata yang baik, dan penggunaan grammar yang benar.

7. Memperhatikan Waktu

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes TOEFL dan IELTS sangat terbatas. Oleh karena itu, selain meningkatkan kemampuan dalam tiap bagian tes, kita juga perlu memperhatikan waktu yang tersedia untuk mengerjakan setiap bagian. Lakukanlah latihan soal dengan waktu yang telah ditentukan untuk membiasakan diri dengan waktu yang terbatas.

8. Mencari Feedback

Mendapatkan feedback dari orang lain seperti guru atau teman yang mahir berbahasa Inggris sangat penting dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Berikan tulisan atau hasil percakapan kita kepada mereka dan mintalah masukan atau saran yang konstruktif.

9. Bersabar dan Konsisten

Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tidak bisa dengan instan. memerlukan waktu, usaha, dan konsistensi dalam belajar dan berlatih. Oleh karena itu, bersabar dan konsistenlah dalam persiapan dan belajar untuk meningkatkan skor TOEFL dan IELTS.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, semoga skor TOEFL dan IELTS bisa meningkatkan dan peluang untuk mendapatkan beasiswa semakin besar. Selain itu, penting juga untuk mengikuti panduan dan persyaratan beasiswa dengan baik dan teliti. Semoga sukses dalam persiapan dan seleksi beasiswa!

About goofn

Over the past 4 years, I have gained valuable experience in writing articles. In carrying out the role as an article writer, I am accustomed to conducting in-depth research, analyzing information, and compiling writing with a clear and organized structure. I am also always committed to providing accurate, relevant and interesting content for readers.

Check Also

6 Tips Menulis Essay untuk Mengajukan Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP adalah salah satu beasiswa terbaik bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *