Peluang usaha Ternak Ayam Potong

Peluang usaha Ternak Ayam Potong

Daging ayam adalah salah satu daging konsumsi paling favorit di indonesia. Permintaan akan daging ini hampir tidak pernah surut dan teus meningkat. Di kampung halaman saya, bisnis peternakan daging potong dengan taget pasar lokal setempat saja, para peterak bisa memperoleh omset perharinya mencapai jutaan rupiah. Itulah mengapa peluang usaha ternak ayam potong ini sangat menggiurkan.

Nah, jika anda tertarik untuk memulai atau sekedar tahu gambaran mengenai peluang usaha ternak ini, berikut saya beri gambarannya.

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Potong dari Nol

Yang pasti ketika kita ingin memulai sebuah usaha, entah apapun itu, modal menjadi kebutuhan awal yang harus dipenuhi. Untuk memulai ternak skala kecil dengan 200 ekor ayam di awal, berikut penjabarannya.

Modal tetap:

Kandang ayam 3×3 m 5 buah

10 buah tempat minum ayam

10 buah tempat makan ayam

5 buah lampu penerang

jadi, total biaya yang harus anda keluarkan untuk pengadaan alat diatas adalah kira – kira berkisar antara Rp. 500.000 sapai Rp. 750.000

Modal berulang

Anak ayam 200 ekor

Kosentrat (BR) 5 karung (@50 kg)

Obat-obatan

Listrik

Dan untuk keperluan modal berulang di awal ini anda membutuhkan biaya kira – kira berkisar antara Rp. 850.000 sampai Rp. 1.000.000

Jadi total modal yang harus anda siapkan diawal adalah Rp. 1.250.000 sampai Rp. 1.750.000 tergantung harga saat anda membeli. Tinggal anda pelajari cara beternak yang baik dan benar, dengan ketekunan dan kesabaran.

Untuk masalah keuntungan, kita akan coba hitung dengan matematika sederhana. Harga ayam potong dipasaran adalah sekitar Rp. 20.000 per ekornya. Jika dari 200 ayam yang anda ternak, sebenarnya ini sudah menutup seluruh modal awal anda karena Rp. 20.000 x 200 = Rp. 2.000.000. namun, tentu anda tidak ingin bisnis peternakan ayam anda hanya 1 kali hasil bukan.

Maka dari itu diperlukan pula strategi yang benar dalam mengelola peternakan anda. Untuk memulai ternak ini dari nol memang memerlukan ketekunan dan kesabaranyang tinggi. Apalagi jika modal anda pas pasan.

Diawal masa ternak, anda memang belum bisa untuk memanen setiap hari. Anda ingat itu. Semuanya butuh proses, termasuk untuk mengemabangkan usaha anda. Logikanya sedehana, jika anda konsisten dalam menjalankan petenakan ini maka akan tiba saatnya, dimana pertambahan anak ayam anda bertambah setiap harinya, baik itu yang ditetaskan dipetenakan anda atau yang anda beli. Saat itulah ternak ayam anda akan bisa dipanen setiap hari pula.

Nah, itulah gambaran singkat yang bisa saya sampaikan mengenai Peluang usaha Tenak Ayam Potong dan cara memulai ternak ayam potong. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

About goofn

Over the past 4 years, I have gained valuable experience in writing articles. In carrying out the role as an article writer, I am accustomed to conducting in-depth research, analyzing information, and compiling writing with a clear and organized structure. I am also always committed to providing accurate, relevant and interesting content for readers.

Check Also

3 Jenis Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

3 Jenis Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan Berwirausaha adalah sebuah amanat bagi generasi muda yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *